Kesehatan

4 Cara Menyembuhkan Sariawan Pada Amandel

Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan. Organ ini berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak. Amandel sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Nama penyakit yang kerap menyerang organ ini melainkan adalah tonsilitis atau radang tonsil atau radang amandel.

Namun, sariawan bisa muncul di amandel. Sariawan di amandel seringkali terlupakan. Sebab, kebanyakan sariawan muncul di bibir atau di lidah. Sariawan bisa muncul kapan saja. Kondisi ini membuat Anda malas makan dan sulit bicara dengan bebas. Biasanya, sariawan menyerang area pipi dalam, di bawah bibir, dan bagian bibir dalam. Pada beberapa kasus, sariawan bisa juga terjadi di amandel, yakni organ kecil yang ada di tenggorokan.

Selain muncul di sekitar mulut, sariawan bisa juga terjadi ada di belakang kerongkongan atau disekitaran amandel. Satu atau 2 hari saat sebelum cedera itu ada, Anda akan rasakan kesan panas di mulut. Sesudahnya, Anda akan merasakan ada cedera yang dirasa perih.

Biasanya, sariawan akan pulih dalam kurun waktu lebih kurang dua minggu sendirinya. Tetapi, Anda dapat lakukan perawatan untuk percepat proses pengobatan.

Berikut ini cara menyembuhkan sariawan pada amandel:

  • Melakukan kumur-kumur
    Merilis dari situs Mayo Clinic, sariawan dapat diobati dengan obat kumur yang memiliki kandungan steroid dexamethasone atau lidokain. Obat ini bekerja untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda bisa mendapatkan obat ini baik dengan resep dokter maupun tidak, di apotek atau toko obat.
Mengobati sariawan pada amandel
  • Berkumur dengan Banking Soda
    Solusi berikutnya hanya memakai beberapa bahan yang ada di dalam rumah sebagai obat kumur. Campur 1 sdt baking soda dalam 1/2 gelas air hangat dan aduk sampai rata. Selanjutnya, pakai larutan itu untuk berkumur sepanjang beberapa saat dan buang air sisa berkumur. Kerjakan ini dengan teratur, misalkan 3x satu hari. Perawatan ini bisa kurangi infeksi yang mengakibatkan sariawan. Bila tidak ada baking soda, Anda dapat pakai larutan garam.

Mengobati sariawan pada amandel
  • Konsumsi Makanan Vitamin C
    Mengonsumsi vitamin C saat mengalami sariawan. Meski dapat mempercepat penyembuhan, perlu diingat bahwa mengonsumsi vitamin C banyak-banyak saja tidaklah cukup untuk mengobati sariawan. mengonsumsi banyak vitamin C untuk menyembuhkan sariawan merupakan cara yang salah. Sebab, tubuh banyak memerlukan sebanyak 90 miligram vitamin C per hari. Penggunaan vitamin C bahkan harus diimbangi dengan banyak minum air putih. Makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk, apel, pisang, kiwi, dan paprika. Jika belum cukup, suplemen vitamin C bisa jadi pilihan.
Mengobati sariawan pada amandel

Namun, sebelum menggunakan suplemen ini sebagai salah satu cara menyembuhkan sariawan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

  • Meminum Obat
    Solusi berikutnya bisa meminum obat sariawan ataupun beberapa obat-obatan yang Anda bisa temui di apotek seperti Obat kumur yang mengandung menthol atau hidrogen peroksida, Obat semprot yang mengandung fenol atau benzocaine, dan Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen.
Mengobati sariawan pada amandel

Karena amandel benar-benar susah disentuh, karena itu obat kumur jadi pilihan yang paling efisien dalam menyembuhkannya. Pada proses pengobatan, jauhi makanan berasam tinggi atau makanan pedas yang dapat jadi parah tanda-tanda sariawannya. Bila perlu, hadirlah ke dokter untuk memperoleh beberapa obat yang lebih baik kembali pada mengobati sariawan di amandel.