Otomotif

7 Cara Aman Berkendara yang Wajib Diikuti

Akhir-akhir ini publik dihebohkan oleh berita duka. Kepergian dari seorang artis Vanessa Angel beserta suaminya bibi ardiansyah dikarenakan kecelakaan tunggal di Jalan Tol. Dari peristiwa tersebut, kita bisa ambil pelajaran bahwa betapa pentingnya cara aman berkendara yang seringkali diabaikan oleh pengendara.

Jadilah seorang pengendara kendaraan, baik pengendara Motor dan Mobil di Jalan Raya. Pengendara harus memiliki mengetahui aturan dan sikap yang disiplin. Pastinya semua pengendara Ingin perjalanan yang nyaman, dan cepat sampai ditujuan. Namun balik lagi, jalan raya bukanlah milik seorang diri, melainkan milik bersama jadi harus diperhatikan lingkungan sekitar saat berkendara.

Berikut ini Cara Aman Berkendara yang Harus diketahui

1. Memeriksa kelayakan Kendaraan

Cara aman Berkendara yang pertama pastinya memeriksa kendaraan kita saat ingin bepergian, karena kelayakan kendaraan itu sangat penting dalam perjalanan. Jika bermasalah, maka harus waspada dan hati-hati bisa jadi memicu kecelakaan. Jangan lupa untuk mengecek perlengkapan yang harus dibawa, seperti mengecek keadaan mesin, memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan yang sesuai standar.

2. Mengatur Posisi Saat Berkendara

Cara aman berkendara kedua yaitu kenyamanan dalam berkendara sangatlah penting, karena ketika kita nyaman dalam berkendara maka kita akan terhindar dari kecelakaan. Maka harus sebisa mungkin kita mengatur posisi yang baik, sehingga tidak membuat kita pegal ataupun keram.

Cara Aman Berkendara: Sabuk Pengaman

3. Menggunakan Sabuk Pengaman

Cara aman berkendara selanjutnya jika kita menggunakan kendaraan mobil, maka janganlah lupa selalu menggunakan sabuk pengaman. Selain aturan yang mewajibkan menggunakan sabuk pengaman, tetapi sabuk pengaman ini memiliki peran penting untuk melindungi pengemudi maupun penumpang jika terjadi benturan karena adanya kecelakaan.

4. Memperhatikan Rambu Lalu Lintas

Cara aman berkendara keempat yakni sebagai pengendara yang baik, sudah wajib untuk selalu memperhatikan adanya rambu lalu lintas. Karena dengan adanya aturan rambu lalu lintas ini, pengendara menjadi lebih disiplin dan tentunya bisa terhindar dari adanya kecelakaan. Jika kita melanggar rambu lalu lintas, maka kita akan berurusan langsung dengan hukum baik bisa di denda maupun hukuman penjara.

Cara Aman Berkendara: Rambu Lalu Lintas

5. Mengatur Kecepatan Saat Berkendara

Pastinya kita ingin cepat sampai saat berkendara. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam mengatur kecepatan itu sangat penting. Kecepatan tinggi ini bisa memicu terjadinya kecelakaan, dan bahkan mengganggu kendaraan lain yang ada disamping kita menjadi kebingungan.

6. Selalu Menjaga jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan lain ini ternyata penting loh, selain kita bisa melihat kendara lain ingin berbelok kemana kita pun bisa terhindar dari tabrakan kecelakaan. Mengutip dari trenoto, jumlah populasi kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 136.32 juta unit pada 2020. Maka saat berkendara pastikan untuk selalu melihat keadaan sekitar dan selalu menjaga jarak.

Cara Aman Berkendara

7. Jangan Bermain Handphone

Terkadang secara tidak sadar pengendara seringkali bermain handphone saat mereka mengemudi. Jika bermain handphone, maka fokus dalam berkendara itu akan terganggu maka bisa jadi memicu terjadinya kecelakaan. Selain itu, ada aturan lalu lintas yang ditetapkan UU Lalu lintas jika bermain handphone maka bisa dipidana masuk penjara.

Cara Aman Berkendara Bahaya Bermain HP Saat Berkendara

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Sariawan di Amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *